Rabu, 28 November 2012

Fungsi Mesin Gerinda



Fungsi Mesin Gerinda
 
Mesin gerinda memiliki fungsi yang hampir sama dengan alat-alat tangan kerja otomotif. Gerinda adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghaluskan bendakerja atau untuk mengasah mempertajam benda seperti pisau, golok dan senjata tajam lainnya.

Sebagai pengguna kita harus memperhatikan dalam menggunakan mesin gerinda, Untuk batu gerinda dengan permukaan kasar digunakan pada waktu awal, dan untuk batu gerinda dengan permukaan halus digunakan untuk menghaluskan atau pengasahan mata bor.

Spesifikasi Mesin Gerinda
Untuk kecepatan mesin gerinda biasanya sudah diatur dengan tetap, jadi para pekerja atau pengguna gerinda tidak perlu mengatur masalah kecepatan putaran mesin gerinda, dengan memiliki sumber tegangan tiga dan daya listrik antara 1.5 PK sampai dengan 2.5 PK.

Macam-macam batu gerinda
Gambar macam-macam batu gerinda
Selain jenis-jenis batu gerinda yang di atas juga terdapat jenis lain seperti shaped grinding wheels, cylindrical grinding wheels.
Setiap batu gerinda juga memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam pengguaannya, dibawah ini beberapa jenis batu gerinda:
1. Flat wheels, untuk melakukan penggerindaan alat-alat potong seperti handtap, countersink, mata bor, dan sebagainya.
2. Cup wheels, untuk melakukan penggerindaan alat-alat potong seperti cutter, pahat bubut, dan sebagainya.
3. Dish grinding wheels, untuk melakukan penggerindaan profil pada cutter
4. Shaped grinding wheels, untuk memotong alat potong ataupun material yang sangat keras, seperti HSS, material yang sudah mengalami proses heat treatment.
5. Cylindrical grinding wheels, untuk melakukan penggerindaan diameter dalam suatu jenis produk.

Tiap jenis batu gerinda memang memiliki keguanaan yang berbeda, dan juga memiliki warna yang beda pula, dari warna setiap batu tersebut memiliki karakternya yang berbeda, yang umum sering kita lihat dipasaran biasanya berwarna merah dan hijau.

related article:
Kunci Socket Set

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar